Tentang Program SFITAL

Sekilas Tentang Program SFITAL

Kegiatan riset-aksi Sustainable Farming in Tropical Asian Landscapes atau Sistem Pertanian Berkelanjutan di Lanskap Tropis Asia atau SFITAL Indonesia didukung oleh International Fund for Agriculture Development (IFAD), dan kami, World Agroforestry (ICRAF) sebagai pelaksana utama.

SFITAL akan berjalan selama lima tahun. Dimulai dari tahun 2020 sampai tahun 2025. Lokasi kegiatan SIFTAL adalah Kabupaten Luwu Utara di Sulawesi Selatan untuk komoditas kakao dan di Aceh Tamiang, di Provinsi Aceh untuk komoditas kelapa sawit.

Kegiatan SFITAL dijalankan oleh ICRAF, Rainforest Alliance dan MARS Incorporated, bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan Aceh Tamiang.

SFITAL bercita-cita mendorong munculnya petani-petani maju dan mandiri yang mampu mengelola lahan pertanian dengan mengikuti kaidah berkelanjutan, memahami prinsip-prinsip kewirausahaan untuk bersaing di pasar global dan memiliki kecakapan untuk bermitra secara setara dengan pemerintah dan sektor swasta.

Tim SFITAL juga berupaya keras mendorong terciptanya kemitraan multi-sektor untuk memperluas praktek pertanian berkelanjutan dan memastikan terjadinya transformasi sistem pangan dunia dengan segera.

Seluruh kegiatan dan kemajuan program SFITAL dipantau secara menyeluruh oleh pemerintah, lembaga pembangunan, asosiasi petani, dan sektor swasta.

SFITAL diharapkan berkontribusi pada terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya Tujuan 2: Mengakhiri kelaparan, Tujuan 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab, serta Tujuan 15: menjaga Ekosistem Darat.

SFITAL akan menjalin kemitraan dengan semua pihak, baik petani, pengusaha kecil, pemerintah kabupaten dan provinsi, pelaku serta Pemerintah Indonesia, untuk meuwjudkan pembangunan rantai nilai komoditas yang berkelanjutan di Indonesia.

  Profil SFITAL di Indonesia (.pdf)